Senin, 18 Mei 2009


Hanura Mengerucut, PAN–Golkar Masih Mengambang

Soal Calon Ketua

DPRD Bungo

Ari Widodo, MUARABUNGO

PERBINCANGAN calon Ketua DPRD Bungo semakin menarik, setiap partai politik yang memiliki peluang mengajukan calon Ketua DPRD secara tidak langsung sudah memunculkan nama calon itu. Seperti yang terjadi oleh Partai Hanura Bungo.

Tiga calon terpilih dari partai Hanura, Ahmad Fauzan, H Kamal dan Ismail sudah tentu akan mengusung kepada Ketua DPC Partai Hanura Andriansyah. Hal ini pernah diungkapkan Ahmad fauzan dalam wawancara khusus belum lama ini.

“Kita sepakat pernyataan Ketua DPC Hanura Kabupaten Bungo yang juga Insya Allah nantinya juga menjadi calon Ketua DPRD Kabupaten Bungo periode 2009 – 2014. maka perlu pembenahan – pembenahan jangka panjang,” katanya.

Begitu juga dengan calon DPRD terpilih lainnya H Kamal dan Ismail sama-sama mengusung ketuanya untuk maju mencalonkan diri sebagai Ketua DPRD Bungo. “Kita sepakat mengajukan Andriansyah,” kata Ismail.

Kendati pelantikan anggota DPRD belum dilaksanakan, dari pernyataan kader Hanura dapat disimpulkan ketika membentuk sebuah fraksi akan memunculkan nama Andriansyah dalam bursa pencalonan pimpinan DPRD Bungo mendatang.

Lalu bagaimana dengan PAN ? partai pemenang pemilu legislatif 2009 ini belum juga memunculkan siapa kandidat Ketua DPRD Bungo. Alasan mereka belum memasuki masa pelantikan DPRD dan juga belum mengintensifkan perbincangan soal calon.

Seperti yang diungkapkan Martunis, Wakil Bendahara DPD PAN Bungo yang juga caleg terpilih. Martinis menegaskan PAN kini belum membicarakan siapa calon yang akan diusung untuk mengisi kursi Ketua DPRD. “Saat ini belum mengerucut,” ungkap Martunis yang mengaku masih berada di Jakarta.

Walaupun ada dua nama yang muncul di permukaan antara Martunis dengan Mahili, kans kedua kader PAN ini memang cukup diperhitungkan tetapi ada juga nama Hendri Novriza yang secara tidak langsung pernah disebutkan Mahili, bahwa siapapun kader PAN sama-sama memiliki hak untuk menjadi pimpinan DPRD. Begitu juga dengan Martunis mengaku pada pencalonan Ketua DPRD Bungo ini PAN memang belum menentukan sikap.

“Nanti ya saya akan beritahu kini semua kader PAN terpilih belum kumpul makanya belum ada sikap. Dan kita akan mengikuti mekanisme dari DPW serta berbagai pertimbangan lainnya. Yang jelas dalam waktu dekat akan saya informasikan,” terangnya.

Hal ini juga terjadi dengan Partai Golkar walaupun sudah penetapan calon terpilih DPRD Bungo periode 2009-2014, Sekretaris DPD Partai Golkar Bungo Al Mahfuz mengaku dalam soal calon pimpinan DPRD dari Partai Golkar belum ditentukan. Hal ini menurut Mahfuz masih menunggu susduk yang terbaru seperti apa. “Tetapi pada prinsipnya Golkar bila mengikuti sistem susduk yang ada berpeluang mencalonkan pimpinan DPRD,” terangnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar